Saturday, December 22, 2012

Cara meringankan dan mengatasi keputihan

Cara meringankan dan mengatasi keputihan secara alami tanpa obat-obatan

Sebagai wanita pasti kita pernah mengalami yang namanya keputihan. Pasti rasanya tidak nyaman bukan? Apalagi pada wanita hamil, keputihan sering terjadi karena peningkatan hormon progesteron. Tapi jangan khawatir, saya punya sedikit tips untuk meringankan dan mengatasi keputihan secara alami.

Beberapa cara untuk meringankan keputihan, yaitu :

1. Meningkatkan kebersihan

Kita sebagai seorang wanita harus bisa menjaga kebersihan badan kita. Setidaknya dengan mandi 2x sehari. angan lupa mengganti pakaian dalam kita setelah mandi, agar kuman tidak bersarang di badan kita.

2. Memakai pakaian dalam (celana dalam) yang terbuat dari katun
Mengapa kita sebaiknya memakai pakaian dalam yang terbuat dari katun? Karena pakaian dalam yang terbuat dari katun mempunyai daya serap yang kuat.

3. Menghindari memakai pakaian dalam yang terbuat dari nilon.
Seperti kita tahu, bahwa kain nilon itu daya serapnya kurang baik. Lebih baik kita menghindari pakaian dalam yang terbuat dari nilon, dan menggantinya dengan pakaian dalam yang terbuat dari katun.

Naaah, bagaimana dengan cara untuk meringankan keputihan itu? Mudah bukan.
Selain cara meringankan, saya juga ada tips untuk mengobati keputihan tersebut.

Beberapa cara terapi keputihan, yaitu :

1. Menghindari pencucian vagina (douching)
Perlu kita tahu bahwa pencucian vagina menggunakan sabun itu akan menyebabkan ketidakseimbangan kehidupan bakteri deoderlin. Padahal bakteri deoderlin adalah bakteri yang menguntungkan. Jadi sebaiknya hindari pencucian vagina dengan sabun, apapun jenis sabun itu.

2. Mencuci vagina dengan air rebusan daun sirih
Daripada anda repot-repot membeli sabun daun sirih, mending kita merebus daun sirih sendiri kan? Itu lebih baik dan pastinya lebih murah. Air rebusan daun sirih itu merupakan desinfektan alami untuk mengatasi keputihan lho. :)

2. Mencuci vagina dengan air hangat
Ini cara paling mudah. Kalau ibu tidak mempunyai pohon daun sirih, anda bisa menggantinya dengan rebusan air/air matang.

Silahkan mencoba cara saya, mudah-mudahan keputihan anda bisa berkurang bahkan sembuh. 
Selamat mencoba... :)

No comments:

Post a Comment